Skip to main content

ANALISIS PROYEK


ANALISIS PROYEK





 

















Proyek :
Suatu rangkaian kegiatan yang menggunakan sejumlah sumber daya untuk memperoleh suau manfaat (benefit).
Kegiatan ini tentunya memerlukan biaya (cost), yang diharapkan dapat memberikan suatu hasil (return) dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian diperlukan suatu perencanaan dan pelaksanaan, yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.












Tujuan Analisis Proyek :
          membantu mengambil keputusan dalam menentukan pemilihan penanaman investasi di dalam suatu proyek yang tepat, dari berbagai alternatif yang dapat dilaksanakan









Aspek-aspek analisis :
1.      Aspek teknis: mencakup penggunaan komponen input dan output, dalam bentuk barang atau jasa. Dalam hal ini perlu ditentukan jumlah, waktu/kapan digunakan, serta tenaga yang diperlukan.
2.      Aspek manajemen dan administrasi: mencakup dua hal, yaitu kemampuan tenaga yang akan menangani proyek, serta keterlibatan masyarakat setempat.
3.      Aspek kelembagaan: membahas masalah hubungan kerjasama antara pelaksanaan proyek dengan pemerintah daerah setempat.
4.      Aspek komersial: membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan cara mendapatkan input yang diperlukan dan bagaimana cara memasarkan output yang akan dihasilkan oleh proyek.
5.      Aspek finansial: membahas masalah cara untuk memperoleh modal/dana yang diperlukan, serta bagaimana proyek dapat mengembalikan dana yang telah diperolehnya (dalam betuk kredit)
6.      Aspek ekonomis dilakukan untuk melihat apakah proyek yang akan dilaksanakan akan dapat memberi manfaat yang menguntungkan kepada masyarakat secara keseluruhan.









Jenis Analisis Proyek
1.       Analisis finansial dilakukan untuk kepentingan individu atau lembaga yang menanamkan modalnya dalam proyek tersebut, misalnya petani, wiraswastawan atau perusahaan.
2.       Analisis ekonomi lebih ditujukan untuk melihat manfaat yang diperoleh oleh masyarakat luas, atau perekonomian sebagai suatu sistem keseluruhan.


 No

Komponen
Analisis
Finansial
Ekonomi
1.
Biaya (Cost)



- Investasi
v
v

- Operasi
v
v

- Pemeliharaan
v
v

- Upah/gaji
v
v

- Pajak
v
x

- Pengembalian kredit dan bunga
v
x

- Biaya sosial
x
v




2.
Manfaat (Benefit)



- Hasil produksi
v
v

- Subsidi
v
x

- Kredit
v
x

- Hibah (Grant)
v
v









Kriteria Investasi


Untuk menilai kelayakan suatu proyek, atau membuat peringkat (rangking) beberapa proyek yang harus dipilih, dapat digunakan beberapa kriteria. Dalam bagian berikut dibahas empat cara yang paling banyak digunakan, yaitu :
1.       Net Present Value (NPV)
2.       Internal Rate of Return (IRR)
3.       Benefit Cost Ratio (BC Ratio)
4.       Payback period
Ke-empat cara tersebut dapat digunakan tersendiri secara terpisah atau bersama-sama.









Arus Kas (Cash Flow)


Arus kas : catatan aliran mafaat dan biaya ke dalam atau ke luar kas proyek dari waktu ke waktu.


a.
Bentuk arus mulai tahun ke-0





b.
Bentuk arus mulai tahun ke-1





Untuk menyeragamkan nilai dilakukan konversi ke titik waktu 0 dengan discount factor (DF)





di mana������
DF = discount factor
i = discount rate
t = tahun yang sedang berjalan















 SEMANGAT BELAJAR YA KAWAN :)

SUMBER : http://web.ipb.ac.id/~tepfteta/ekotek/Minggu_11/M11B1.htm

Comments

Popular posts from this blog

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016 assalamualaikum Wr Wb      kali ini saya akan membagikan lirik lagu Zaujati dari Gus Shon darai Mantenan . Zaujati artinya Istri . cie ciee heheh ,, langsung saja  Zaujati Uhibbuki mitslama anti, Uhibbuki kaifamaa kunti Wamahmaa kaana mahmaa shooro, (anti habiibati anti zaujatii 3x) Cintaku seperti cintamu padaku bagaimanapun keadaanmu tak perduli apapun yg terjadi dirimu slalu kucintai (Zaujatii dirimu slalu kucintai 2x) Halalii anti laa akhsya 'azuulan hammuhu maqtii, laqod adzinazzamaanu lanaa biwashli ghoiri mumbati Saqoitul hubba fii qolbi bihusnil fi'li wassamti, yaghiibussa'du in ghibti wayashful 'aisyu inji'ti Nahaari kadihun hatta idzaa maa 'ittu lilbaiti, laqoituki fanjalii'anni dhonnaya idzamaa tabssamti Engkau istri ku yang halal tak peduli perkataan orang waktu tlah mengizinkan kita untuk selalu hidup bersama kau menyemaikan cinta dilubuk hatiku dgn sayang mu hidup tera...

ENKAPSULASI WAN

ENKAPSULASI WAN Enkapsulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut. (fraizal, 2014) Enkapsulasi pada WAN ada 2 yaitu : ·      Enkapsulasi DLHC ( High Level Dataling Control ) ·      Enkapsulasi PPP ( Point To Point Protocol ) (nikkafreaka, 2013) PPP Komponen PPP menyediakan metode untuk transmisi datagram lebih link point-to-point serial. PPP terdiri dari tiga komponen utama:Sebuah metode untuk encapsulating datagrams atas link serial. PPP menggunakan tingkat tinggi Data Link Control (HDLC) protokol sebagai dasar untuk encapsulating datagrams lebih link point-to-point. (alana, 2013) Fitur PPP Berikut ini adalah fitur kunci dari protocol ini: ...

Kebutuhan Pelanggan TKJ

Kebutuhan Pelanggan Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari.   (SAYA, 2014) Manajemen strategi merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas .   (Devinta, 2015) A.     Memahami Kebutuhan Pelanggan Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari...