Skip to main content

PEMBENTUKAN TIM KERJA

PEMBENTUKAN TIM KERJA




Pertama-tama yang dimaksud dengan Tim Kerja (team work) di sini adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai Tujuan Bersama.Kedua, dengan telah dikenalinya karakteristik dari pekerjaan yang akan dikerjakan dan karakteristik dari individu-individu dari anggota tim, maka proses pembentukan tim harus mengacu pada keduanya dan yang berorientasi Jangka Panjang.

Walaupun telah ada proses pengenalan atas pekerjaan maupun ciri kepribadian anggota tim, untuk dapat menjadi tim tersebut sebagai tim kerja yangEfektif tidaklah mudah.
Untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan dan diupayakan penciptaannya yaitu : adanya daya ikat (kohesi) dan daya padu di dalam tim kerja tersebut.

Daya ikat (kohesi) suatu tim  tumbuh dari pengalaman bersama seluruh aggota bekerja sebagai suatu kelompok dalam waktu yang cukup lama. Pengalaman yang cukup lama seperti itu memang akhirnya punya kecenderungan membentuk sikap yang menyesatkan (illusif) dengan embel-embel “semangat tim” (nama, lambang-lambang, dan kebanggaan-kebanggaan yang sengaja dibuat dan terkesan mengada-ada). Meskipun banyak contoh tim yang salah kaprah dan terlalu cepat mendewakan semangat kekompakan tim seperti itu, namun ia tetap dibutuhkan sampai batas tertentu dalam pembentukan suatu tim yang efektif. Daya ikat rendah berarti bahwa setiap orang dalam tim tidak atau kurang merasa menjadi bagian dari yang lainnya dan merasa tidak perlu setia pada timnya. Sebaliknya daya ikat tinggi berarti bahwa setiap orang merasa senang menjadi anggota atau bagian dari yang lain dan sadar benar akan hal itu.

Daya padu (integrasi) suatu tim merupakan pengejawantahan dari penyatuan semua tujuan pribadi anggota tim yang khas menjadi suatu tujuan tim secara keseluruhan. Daya Padu Rendah berarti bahwa setiap anggota dalam tim yang bersangkutan merasa tidak memiliki ikatan dengan tujuan tim dan tidak mutlak harus mendukungnya serta boleh saja melakukan sesuatu yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan tujuan tim.  Sebaliknya daya padu tinggi berarti bahwa setiap anggota merasa terikat dan berkewajiban menunjang keberhasilan dan pencapaian tujuan tim.

KOMUNIKASI TIM KERJA

Bekerja dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri apabila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

Namun untuk membangun sebuah tim yang solid dengan didukung komunikasi yang efektif perlu komitmen dan kesadaran antar masing-masing personil dalam tim. Apakah tim Anda bertindak seolah mereka hanya sekelompok orang yang berkumpul atau belum memiliki tujuan yang sama?
Berikut tips untuk membangun dinamika tim yang lebih baik:

-        Cobalah untuk lebih tertarik dengan rekan tim Anda Tahukah Anda ketika kita saling terbuka dan tertarik dengan rekan kerja Anda, hal tersebut akan berdampak positif karena berhubungan langsung dengan hasil keseluruhan tim.  Meningkatkan ketertarikan antara satu sama lain seperti lebih mengenal hobby atau keluarga akan memberikan perbedaan yang cukup berarti bagi kinerja tim.
-    Bertanyalah untuk mengklarifikasi Menurut berbagai pendapat, penilaian, pengalaman dan penelitian komunikasi sulit dilakukan secara efektif bila dalam situasi yang bising. Pastikanlah Anda mendapatkan pesan dari rekan Anda secara lengkap dan jelas, apabila berasa kurang tidak ada salahnya untuk mengklarifikasi ulang agar tercipta persepsi yang jelas.
-        Hormatilah rekan tim Anda dalam berbagai halSetiap orang di dalam tim seharusnya memiliki tujuan yang sama.  Masing-masing orang datang dengan talenta dan kemampuan mereka masing masing untuk konstribusi tim, karena itu penting untuk saling menghormati kehebatan masing-masing rekan hari ini.
-      Berikan penghargaan bahwa apa yang mereka lakukan benar Perhatikanlah hal-hal detil seperti ketepatan waktu, partisipasi dalam pertemuan, mengatur waktu dan berikanlah mereka pujian yang proporsional, tidak perlu berlebihan. Yang terpenting adalah mereka dapat mengetahui kita sebagai rekan kerjanya mampu memberikan apresiasi untuk setiap hal positif yang mendukung kinerja tim.
-       Pastikan permintaan Anda jelas dan dimengerti Komunikasi berkaitan erat dengan kebutuhan dan permintaan , ketika meminta sesuatu kepada rekan kerja pastikan komunikasi  tersebut didengar dan dipahami secara jelas. Hal tersebut dapat dipastikan dengan cara meminta mereka mengulangi apa yang Anda komunikasikan. Mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang anda dengar.
-   Berikan perhatian Meningkatkan perhatian dalam berkomunikasi sangat membantu dalam penyampaian pesan dan dapat meminimalisir salah paham.  Bahasa tubuh, nada suara, energi dan antusiasme adalah adalah aspek-aspek komunikasi yang dapat dilihat saat kegiatan berkomunikasi.

Berbagai tips di atas dapat membantu Anda  lebih mengenal dan memahami tim Anda, karena sebuah tim adalah sekelompok individu yang memiliki tujuan yang sama, ingin dihargai untuk setiap hal kecil yang mereka lakukan serta diakui atas keberadaan mereka. Luangkanlah sedikit dari waktu anda untuk mereview komunikasi Anda untuk hasil kerja yang lebih maksimal.


Sumber : http://www.bintan-s.web.id/2010/12/pembentukan-tim-kerja.html
                : http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/


Comments

Popular posts from this blog

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016 assalamualaikum Wr Wb      kali ini saya akan membagikan lirik lagu Zaujati dari Gus Shon darai Mantenan . Zaujati artinya Istri . cie ciee heheh ,, langsung saja  Zaujati Uhibbuki mitslama anti, Uhibbuki kaifamaa kunti Wamahmaa kaana mahmaa shooro, (anti habiibati anti zaujatii 3x) Cintaku seperti cintamu padaku bagaimanapun keadaanmu tak perduli apapun yg terjadi dirimu slalu kucintai (Zaujatii dirimu slalu kucintai 2x) Halalii anti laa akhsya 'azuulan hammuhu maqtii, laqod adzinazzamaanu lanaa biwashli ghoiri mumbati Saqoitul hubba fii qolbi bihusnil fi'li wassamti, yaghiibussa'du in ghibti wayashful 'aisyu inji'ti Nahaari kadihun hatta idzaa maa 'ittu lilbaiti, laqoituki fanjalii'anni dhonnaya idzamaa tabssamti Engkau istri ku yang halal tak peduli perkataan orang waktu tlah mengizinkan kita untuk selalu hidup bersama kau menyemaikan cinta dilubuk hatiku dgn sayang mu hidup tera...

ENKAPSULASI WAN

ENKAPSULASI WAN Enkapsulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut. (fraizal, 2014) Enkapsulasi pada WAN ada 2 yaitu : ·      Enkapsulasi DLHC ( High Level Dataling Control ) ·      Enkapsulasi PPP ( Point To Point Protocol ) (nikkafreaka, 2013) PPP Komponen PPP menyediakan metode untuk transmisi datagram lebih link point-to-point serial. PPP terdiri dari tiga komponen utama:Sebuah metode untuk encapsulating datagrams atas link serial. PPP menggunakan tingkat tinggi Data Link Control (HDLC) protokol sebagai dasar untuk encapsulating datagrams lebih link point-to-point. (alana, 2013) Fitur PPP Berikut ini adalah fitur kunci dari protocol ini: ...

Kebutuhan Pelanggan TKJ

Kebutuhan Pelanggan Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari.   (SAYA, 2014) Manajemen strategi merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas .   (Devinta, 2015) A.     Memahami Kebutuhan Pelanggan Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari...