PEMBENTUKAN
TIM KERJA
Pertama-tama yang dimaksud
dengan Tim Kerja (team work) di sini adalah suatu kelompok orang yang bekerja
sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai Tujuan Bersama.Kedua,
dengan telah dikenalinya karakteristik dari pekerjaan yang akan dikerjakan dan
karakteristik dari individu-individu dari anggota tim, maka proses pembentukan
tim harus mengacu pada keduanya dan yang berorientasi Jangka Panjang.
Walaupun telah ada proses
pengenalan atas pekerjaan maupun ciri kepribadian anggota tim, untuk dapat
menjadi tim tersebut sebagai tim kerja yangEfektif tidaklah mudah.
Untuk itu ada dua hal yang
perlu diperhatikan dan diupayakan penciptaannya yaitu : adanya daya ikat
(kohesi) dan daya padu di dalam tim kerja tersebut.
Daya ikat (kohesi) suatu tim tumbuh dari pengalaman bersama seluruh aggota
bekerja sebagai suatu kelompok dalam waktu yang cukup lama. Pengalaman yang
cukup lama seperti itu memang akhirnya punya kecenderungan membentuk sikap yang
menyesatkan (illusif) dengan embel-embel “semangat tim” (nama, lambang-lambang,
dan kebanggaan-kebanggaan yang sengaja dibuat dan terkesan mengada-ada).
Meskipun banyak contoh tim yang salah kaprah dan terlalu cepat mendewakan
semangat kekompakan tim seperti itu, namun ia tetap dibutuhkan sampai batas tertentu
dalam pembentukan suatu tim yang efektif. Daya ikat rendah berarti bahwa setiap
orang dalam tim tidak atau kurang merasa menjadi bagian dari yang lainnya dan
merasa tidak perlu setia pada timnya. Sebaliknya daya ikat tinggi berarti bahwa
setiap orang merasa senang menjadi anggota atau bagian dari yang lain dan sadar
benar akan hal itu.
Daya padu (integrasi) suatu
tim merupakan pengejawantahan dari penyatuan semua tujuan pribadi anggota tim
yang khas menjadi suatu tujuan tim secara keseluruhan. Daya Padu Rendah berarti
bahwa setiap anggota dalam tim yang bersangkutan merasa tidak memiliki ikatan
dengan tujuan tim dan tidak mutlak harus mendukungnya serta boleh saja
melakukan sesuatu yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan tujuan tim. Sebaliknya daya padu tinggi berarti bahwa
setiap anggota merasa terikat dan berkewajiban menunjang keberhasilan dan
pencapaian tujuan tim.
KOMUNIKASI TIM KERJA
Bekerja dalam tim yang penuh
dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi
suatu kepuasan tersendiri apabila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan
baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya.
Namun untuk membangun sebuah
tim yang solid dengan didukung komunikasi yang efektif perlu komitmen dan
kesadaran antar masing-masing personil dalam tim. Apakah tim Anda bertindak
seolah mereka hanya sekelompok orang yang berkumpul atau belum memiliki tujuan
yang sama?
Berikut tips untuk membangun
dinamika tim yang lebih baik:
- Cobalah
untuk lebih tertarik dengan rekan tim Anda Tahukah Anda ketika kita saling
terbuka dan tertarik dengan rekan kerja Anda, hal tersebut akan berdampak
positif karena berhubungan langsung dengan hasil keseluruhan tim. Meningkatkan ketertarikan antara satu sama
lain seperti lebih mengenal hobby atau keluarga akan memberikan perbedaan yang
cukup berarti bagi kinerja tim.
-
Bertanyalah untuk mengklarifikasi Menurut
berbagai pendapat, penilaian, pengalaman dan penelitian komunikasi sulit
dilakukan secara efektif bila dalam situasi yang bising. Pastikanlah Anda
mendapatkan pesan dari rekan Anda secara lengkap dan jelas, apabila berasa
kurang tidak ada salahnya untuk mengklarifikasi ulang agar tercipta persepsi
yang jelas.
- Hormatilah rekan tim Anda dalam berbagai
halSetiap orang di dalam tim seharusnya memiliki tujuan yang sama. Masing-masing orang datang dengan talenta dan
kemampuan mereka masing masing untuk konstribusi tim, karena itu penting untuk
saling menghormati kehebatan masing-masing rekan hari ini.
- Berikan penghargaan bahwa apa yang mereka
lakukan benar Perhatikanlah hal-hal detil seperti ketepatan waktu, partisipasi
dalam pertemuan, mengatur waktu dan berikanlah mereka pujian yang proporsional,
tidak perlu berlebihan. Yang terpenting adalah mereka dapat mengetahui kita
sebagai rekan kerjanya mampu memberikan apresiasi untuk setiap hal positif yang
mendukung kinerja tim.
-
Pastikan permintaan Anda jelas dan dimengerti
Komunikasi berkaitan erat dengan kebutuhan dan permintaan , ketika meminta
sesuatu kepada rekan kerja pastikan komunikasi
tersebut didengar dan dipahami secara jelas. Hal tersebut dapat
dipastikan dengan cara meminta mereka mengulangi apa yang Anda komunikasikan.
Mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang anda dengar.
-
Berikan perhatian Meningkatkan perhatian dalam
berkomunikasi sangat membantu dalam penyampaian pesan dan dapat meminimalisir
salah paham. Bahasa tubuh, nada suara,
energi dan antusiasme adalah adalah aspek-aspek komunikasi yang dapat dilihat
saat kegiatan berkomunikasi.
Berbagai tips di atas dapat
membantu Anda lebih mengenal dan
memahami tim Anda, karena sebuah tim adalah sekelompok individu yang memiliki
tujuan yang sama, ingin dihargai untuk setiap hal kecil yang mereka lakukan
serta diakui atas keberadaan mereka. Luangkanlah sedikit dari waktu anda untuk
mereview komunikasi Anda untuk hasil kerja yang lebih maksimal.
Sumber :
http://www.bintan-s.web.id/2010/12/pembentukan-tim-kerja.html
:
http://duniatraining.com/94/membangun-komunikasi-tim-yang-efektif/
Comments
Post a Comment