Analisis
Orjinalitas Proyek
PENGERTIAN
STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI
Pada mulanya, istilah strategi digunakan
dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh
kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Namun strategi
pembelajaran dalam dunia pendidikan diartikan sebagai perencanaan yang berisi
tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan)
termasuk metode strategi pembelajaran juga disusun untuk mencapai
tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah
pencapaian tujuan. Untuk dapat mengimplementasikan yang sudah disusun dalam
kegiatan nyata agar tujuan tercapai secara optimal, ini yang dinamakan metode.
Metode digunakan untuk merealisasikan rencana yang telah ditetapkan. Dengan
demikian, satu strategi pembelajaran dapat digunakan beberapa metode. (arifin)
Otonomi
tim kerja
Kelompok dan Tim adalah dua konsep
berbeda. Kelompok atau group didefinisikan sebagai dua atau
lebih individu yang saling bergantung dan bekerjasama, yang secara bersama
berupaya mencapai tujuan. Kelompok kerja (work group) adalah kelompok
yang para anggotanya saling berinteraksi terutama untuk saling berbagi
informasi untuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam wilayah
kewenangannya masing-masing.[1]
Kelompok kerja tidak memiliki
kebutuhan ataupun kesempatan untuk terlibat di dalam kerja kolektif yang
memerlukan upaya gabungan dari seluruh anggota tim. Akibatnya, kinerja mereka
sekadar kumpulan kontribusi parsial dari seluruh individu anggota kelompok.
Tidak ada sinergi positif yang menciptakan tingkat kinerja keseluruhan yang
lebih besar ketimbang totalitas input yang mereka berikan. Sementara itu, Tim
Kerjamengembangkan sinergi positif melalui upaya yang terkoordinasi. Upaya
individual mereka menghasilkan suatu tingkat kinerja yang lebih besar ketimbang
totalitas input para individunya. (BASRI, 2011)
Tipe/Jenis-jenis Tim
Tim
dapat diklasifisikan berdasarkan sasarannya. Bentuk yang paling umum digunakan
dalam organisasi atau perusahaan adalah :
-
Tim
Pemecah Masalah
Tim ini terdiri dari 5 sampai
12 karyawan jam-jaman dari suatu departemen yang bertemu selama beberapa jam
tiap pekan untuk membahas perbaikan kualitas, efisiensi dan lingkungan kerja.
Dalam tim pemecah masalah, anggota bernagi gagasan atau menawarkan saran
mengenai bagaimana proses dan metode kerja dapat diperbaiki. Tetapi jarang
tim-tim diberi wewenang untuk melaksanakan secara sepihak setiap tindakan
mereka yang disarankan.
-
Tim Kerja
Pengelola Diri
Tim kerja pengelola diri
adalah kelompok karyawan (biasanya 10 sampai 15 orang) yang memikul tanggung
jawab dari mantan penyelia mereka. Tim ini mencakup kerja tentang perencanaan
dan penjadwalan kerja, kontrol kolektif atas langkah kerja, membuat keputusan
operasi dan mengambil tindakan atas permasalahan. Tim ini bahkan memilih
anggotanya sendiri dan menyuruh anggota itu untuk saling menilai kinerja.
-
Tim
Lintas Fungsional.
Tim lintas fungsional adalah
tenaga kerja dari tingkat hirarki yang sama, tetapi dari tempat pekerjaan yang
berbeda. Tim lintas fungsional merupakan cara efektif yang memungkinkan
orang-orang dari aneka bidang dalam suatu organisasi (atau bahkan antar
organisasi) untuk bertukar informasi, mengembangkan gagasan baru dan memecahkan
masalah, serta mengkoordinasikan proyek yang rumit.
-
Tim
Virtual
Tim Virtual adalah tim yang
menggunakan teknologi komputer untuk mengikat secara fisik secara bersama
membagi anggota untuk mencapai tujuan bersama. Mereka mengizinkan orang untuk
bergabung secara langsung dengan menggunakan komunikasi langsung diantaranya
seperti lokasi jaringan kerja, video konfrensi dan e-mail. Tim virtual terdiri
atas anggota – anggota yang tersebar secara geografis dan organisasional yang
terikat terutama oleh kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi. Tim
virtual sering meliputi para pekerja lepas, anggota organisasi rekanan,
pelanggan, pemasok, konsultan, atau pihak – pihak luar lainnya. Salah satu
keuntungan utama tim virtual adalah kemampuan untuk dengan cepat mengumpulkan
kelompok orang yang paling tepat untuk menyelesaikan proyek yang kompleks,
memecahkan masalah tertentu, atau mengekploitasi peluang strategis tertentu. (HABIBAH,
2013) (fikicahbagusdwebos,
2016) (Analisis
Orjinalitas Proyek)
Daftar pustaka
(n.d.). Retrieved from Analisis Orjinalitas Proyek:
http://www.academia.edu/7694141/SILABUS_MATA_PELAJARAN_KERJA_PROYEK_PAKET_KEAHLIAN_MULTIMEDIA
arifin. (n.d.). Setrategi
Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Aktivitas Siswa. Retrieved from
arifin-kumpulanmakalah:
http://arifin-kumpulanmakalah.blogspot.co.id/2012/11/setrategi-pembelajaran-yang_4.html
BASRI, S. (2011,
JANUARI 01). Kelompok dan Tim dalam Organisasi. Retrieved from Seta
Basri Menulis Terus: http://setabasri01.blogspot.co.id/2011/01/kelompok-dan-tim-dalam-organisasi.html
fikicahbagusdwebos.
(2016, AGUSTUS RABU). Analisis Orjinalitas Proyek. Retrieved from Fiki
Cah Bagus'Dwe BOS:
http://fikicahkeren.blogspot.co.id/2016/08/analisis-orjinalitas-proyek.html
HABIBAH. (2013, MEY
10). MEMAHAMI TIM KERJA (Makalah Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi).
Retrieved from HABIBAHSMART:
https://habibahsmart.wordpress.com/2013/05/10/makalah-kepemimpinan-dan-perilaku-organisasi/
NAMA :DONY PRASETYO
SEKOLAH :SMKISLAM1BLITAR
MOTO : BELAJAR DENGAN GIAT UNTUK MENGGAPAI CITA CITA KU
KALAU YANG MAU DOWNLOAD BISA DI SINI

Comments
Post a Comment