Kebutuhan Pelanggan
Kebutuhan Pelanggan -
Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan
pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan,
memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang
sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. (SAYA, 2014)
Manajemen strategi
merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan
yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas. (Devinta, 2015)
A. Memahami Kebutuhan
Pelanggan
Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan
adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan
perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar
penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah
untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi
bagian penting dari perusahaan Anda. Sebuah cara yang efektif untuk melakukan
ini adalah untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memahami
kebutuhan pelanggan. (admin)
B. Pengertian Pelanggan
Pelanggan adalah orang atau instansi atau
lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang
– ulang. (Cha, 2011)
Secara umum, pengertian pelanggan suatu
perusahaan adalah masyarakat dan organisasi pada umumnya yang membutuhkan
produk dan jasa dan berpotensi untuk melakukan pembelian.
Selain pengertian di atas, beberapa
pengertian mengenai pelanggandapat dirumuskan sebagai berikut:
a. Pelanggan adalah
orang yang paling penting dalam setiap kegiatan usaha(oraganisasi)
b. Pelanggan adlah orang
yang tidak bergantung pada diri kita, tetapi sebaliknya, kitalah yang
bergantung padanya.
c. Pelanggan yang tidak
menginterupsi (mengganggu) pekerjaan kita, tetapi malah memberikan usulan bagi
perbaikan usaha kita.
d. Pelanggan datag
sebagai sahabat. Maka, tidak pada tempatnya kalau kita menyambutnya dengan
tidak pantas atau menyuruhnya menunggu sampai kita tidak sibuk lagi.
e. Pelanggan adalah
bagian terpenting dalam usaha kita, bukan orang luar perusahaan.
f.
Pelanggan adalah orang/lembaga yang melakukan pembelian
produk/jasa secara berulang-ulang
g. Pelanggan adalah
orang yang memberi perhatian penuh terhadap produk/jasa yang kita tawarkakn.
h. Pelanggan bukanlah
sekedar uang dalam cash register kita, melainkan manusia dengan perasaan dan
kemauan yang haarus kita hormati.
i.
Kalau kita bebicara mengenai pelanggan, maka yang
dimaksud dengan pelanggan itiu adalah pelanggan internal dan pelanggan eksternal.
Pelanggan internal
adalah orang-orang yang teribat dalam proses produksi barang dan jasa yang
dihasilkan suatu perusahaan atau organisasi.
Pelanggan eksternal
adalah orang-orang yang berada diluar organisasi suatu perusahaan, yang
memerlukan dan menerima barang-barang atau jasa-jasa dari perusahaan.
Daftar Pustaka :
admin. (n.d.). Aku Ingin Sukses. Retrieved from Aku Ingin Sukses:http://www.akuinginsukses.com/kunci-sukses-bisnis-memahami-keinginan-dan-kebutuhan-pelanggan/
Cha, N. (2011, 01). Nur Cha. Retrieved from Nur Cha:http://lutunaaaa.blogspot.co.id/2011/01/identifikasi-kebutuhan-pelanggan.html
Development, S. H.
(2014, 07). Spirit Human
Development. Retrieved from
Spirit Human Development: http://spirithumandevelopment.blogspot.co.id/2014/07/pelanggan-atau-customer-adalah-pembeli.html
Devinta, C. (2015,
October). linkedin. Retrieved from linkedin:https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
SAYA, S. (2014, 04). SS belajar. Retrieved from SS belajar:http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
NAMA :DONY PRASETYO
SEKOLAH :SMKISLAM1BLITAR
MOTO : JANGAN MENYERAH DENGAN KEAADAN
DAN GAPAILAH CITA CITA KITA
YANG MAU DOWNLOAD FILE WORD NYA BISA DI SINI
Comments
Post a Comment