Skip to main content

Pemecahan masalah Lapisan Fisik LAN.

1.      Pemecahan masalah  Lapisan Fisik ( Physical Layer )LAN.





Lapisan fisik (Physical Layer) merupakan lapisan dasar dari semua jaringan dalam model referensi OSI dimana lapisan ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal data analog maupun digital. Selain itu, lapisan fisik dapat digunakan untuk menentukan karakteristik dari kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan sehingga sarana sistem pengiriman data ke perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan komputer. Pada lapisan ini yang akan menjelaskan mengenai jarak terjauh yang mungkin digunakan oleh media fisik serta mengatur bagaimana cara melakukan collision control. Physical Layer juga memiliki tujuan utama, seperti.

-   Menspesifikasikan standar untuk berinteraksi dengan media jaringan.
-   Menspesifikasikan kebutuhan media untuk jaringan.
-   Menetukan karakteristik kabel untuk menghubungkan komputer dengan jaringan.
-   Mentransfer dan menentukan bagaimana bit data dikodekan.
-   Format sinyal electrical untuk transmisi lewat media jaringan.         
-   Sinkronisasi transmisi sinyal.
-   Menangani interkoneksi fisik (kabel), mekanikal, elektrikal dan procedural.
-   Mendeteksi error selama transmisi.
(yuniarti, 2014)

A.      Mengidentifikasi Masalah - Masalah pada Lapisan Fisik.

Lapisan ini mendefinisikan antarmuka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data diatas media jaringan seperti kabel, radio dan cahaya. Selain itu, lapisan ini dapat mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi sinkronisasi antar bit, pengaktifan dan pemutusan koneksi serta beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi seperti kabel UTP / STP, kabel koaksial atau kabel fiber optic. Protocol pada PHY Layer mencakup IEEE 802.3; RS-232C; X.21; repeater; transceiver; kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) dan pengabelan untuk beroperasi. (hariyadi, 2015)




B.       Standart pengkabelan EIA 506

Jika kita lihat, maka urutan warna T568A dari kiri ke kanan adalah:
putih-hijau, hijau, putih-oranye, biru, putih-biru, oranye, putih-coklat, coklat.
sedangkan untuk jenis T568B urutannya adalah:
putih-oranye, oranye, putih-hijau,  biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat.

Dua urutan warna diatas adalah urutan warna yang telah menjadi standar internasional dalam Cabling jaringan. selanjutnya, berdasarkan perbedaan urutan warna kedua Pin dari suatu kabel masih dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu straigh-through dan cross-over
(Avianto, 2015)




DAFTAR PUSTAKA
Avianto, D. E. (2015, oktober). PEMECAHAN MASALAH LAPISAN FISIK LAN. Retrieved from LETS LEARN NOW: http://www.gostudy.ga/2015/09/pemecahan-masalah-lapisan-fisik-lan.html
hariyadi, f. (2015, september 14). TROUBLESHOOTING JARINGAN - MASALAH YANG ADA PADA LAPISAN FISIK. Retrieved from UNKNOWN: http://unknown-green.blogspot.co.id/2015/09/troubleshooting-jaringan-masalah-yang.html
yuniarti, y. (2014, 12 2). TROUBLESHOOTING JARINGAN. Retrieved from jaringan komputer: http://yyuniarti4.blogspot.co.id/2014/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html


Nama              : Dony Prasetyo
Sekolah            : SMKI 1 Blitar
Moto               :  Semangat belajar untuk menggapai cita cita yang aku inginkan J


kalau mau menyimpan silahkan download di SINI

Comments

Popular posts from this blog

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016

lirik lagu Zauzati Gus Shon TERBARU 2016 assalamualaikum Wr Wb      kali ini saya akan membagikan lirik lagu Zaujati dari Gus Shon darai Mantenan . Zaujati artinya Istri . cie ciee heheh ,, langsung saja  Zaujati Uhibbuki mitslama anti, Uhibbuki kaifamaa kunti Wamahmaa kaana mahmaa shooro, (anti habiibati anti zaujatii 3x) Cintaku seperti cintamu padaku bagaimanapun keadaanmu tak perduli apapun yg terjadi dirimu slalu kucintai (Zaujatii dirimu slalu kucintai 2x) Halalii anti laa akhsya 'azuulan hammuhu maqtii, laqod adzinazzamaanu lanaa biwashli ghoiri mumbati Saqoitul hubba fii qolbi bihusnil fi'li wassamti, yaghiibussa'du in ghibti wayashful 'aisyu inji'ti Nahaari kadihun hatta idzaa maa 'ittu lilbaiti, laqoituki fanjalii'anni dhonnaya idzamaa tabssamti Engkau istri ku yang halal tak peduli perkataan orang waktu tlah mengizinkan kita untuk selalu hidup bersama kau menyemaikan cinta dilubuk hatiku dgn sayang mu hidup tera...

ENKAPSULASI WAN

ENKAPSULASI WAN Enkapsulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut. (fraizal, 2014) Enkapsulasi pada WAN ada 2 yaitu : ·      Enkapsulasi DLHC ( High Level Dataling Control ) ·      Enkapsulasi PPP ( Point To Point Protocol ) (nikkafreaka, 2013) PPP Komponen PPP menyediakan metode untuk transmisi datagram lebih link point-to-point serial. PPP terdiri dari tiga komponen utama:Sebuah metode untuk encapsulating datagrams atas link serial. PPP menggunakan tingkat tinggi Data Link Control (HDLC) protokol sebagai dasar untuk encapsulating datagrams lebih link point-to-point. (alana, 2013) Fitur PPP Berikut ini adalah fitur kunci dari protocol ini: ...

Kebutuhan Pelanggan TKJ

Kebutuhan Pelanggan Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari.   (SAYA, 2014) Manajemen strategi merupakan serangkaian proses pengambilan keputusan strategis, yaitu keputusan yang bersifat jangka panjang, menyeluruh, dan prioritas .   (Devinta, 2015) A.     Memahami Kebutuhan Pelanggan Pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah jalur kehidupan bisnis memang benar. Mereka mendefinisikan bisnis dan perusahaan yang sangat tergantung pada kebutuhan mereka untuk sebagian besar penjualan dan kegiatan pemasaran. Rahasia bisnis yang solid dan sukses adalah untuk menempatkan pelanggan di jantung bisnis dan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari...