Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Ergonomi berasal dari kata : ‘ergon’ =
kerja, ‘nomos’ = peraturan / hukum, jadi Ergonomi dapat diartikan sebagai ilmu
aturan tentang kerja. “Ergonomi adalah : ilmu serta penerapannya yang berusaha
menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap orang atau sebaliknya dengan
tujuan tercapainya produktivitas dan efisiensi yang setinggi-tingginya melalui
pemanfaatan manusia seoptimal mungkin “
Konsepnya adalah ilmu yang membahas tentang kelebihan dan keterbatasan manusia dan secara sistematis memanfaatkan informasi-informasi tersebut untuk rancang bangun, sehingga mengahasilkan produk, sistem atau lingkungan kerja yang lebih baik.
Menurut Sutalaksana, 1979, ergonomi merupakan ilmu yang mempelajari sifat, kemampuan, dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melealui pekerjaan itu, dengan efektif, aman dan nyaman.
2. Tanget Market
Untuk membangun bisnis yang solid,
pertama kali yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi customer Anda dan
merancang strategi marketing Anda.
Dengan
keadaan ekonomi global yang tengah memburuk saat ini, memiliki target pasar
yang jelas menjadi sangat penting bagi sebuah bisnis. Tidak ada yang satu
bisnispun yang mampu mentarget semua kalangan. Terlebih bisnis kecil, untuk
dapat berkompetisi di market yang penuh dengan perusahaan besar, harus mampu mengidentifikasi
target market dengan jelas.
Banyak
bisnis mengatakan bahwa “Semua orang menyukai produk saya”, sebagian lagi
mengatakan target saya adalah pemiliki bisnis kecil, pemilik rumah, atau ibu
rumah tangga. Semua itu terlalu umum untuk dijadikan target pasar mereka. (startup,
2012)
Menargetkan
market yang spesifik bukan berarti Anda melupakan customer yang tidak memenuhi
kriteria sebagai customer Anda. Namun hal ini berfungsi untuk membuat Anda
fokus dalam memasarkan produk dan memengenalkan produk Anda pada market yang
spesifik tersebut, yang akan berarti merekalah yang akan paling banyak
membeli produk Anda. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah, efisien,
dan efektif dalam mendapatkan customer.
Sebagai
contoh perusahaan desain interior lebih memilih mentarget para pemilik rumah
dengan usia 35-65 tahun dengan pendapatan $150.000 di Baton Rouge, Lousiana.
Untuk mendapatkan pasar yang lebih spesifik ke depannya, perusahaan ini harus
memilih target yang tertarik pada pembuatan dapur dan renovasi rumah. Kemudian
target tersebut dapat dipilah menjadi dua, orang tua, atau orang dewasa.
Dengan
sudah jelasnya target Anda, akan menjadi lebih mudah untuk menentukan dimana
dan bagaimana untuk memasarkan perusahaan Anda. Berikut beberapa tips untuk
membantu Anda mendapatkan target pasar Anda:
Lihat
latar belakang Customer Anda
Siapa
customer Anda sekarang, dan mengapa mereka membeli dari Anda? Lihat
karakteristik daninterest-nya. Hal
mana yang paling bisa menarik customer? Sangat mungkin bahwa beberapa orang
dari hal tersebut mendapatkan manfaat dari produk/ layanan Anda. (juliana,
2012)
Lihat
Kompetitor Anda
Siapa
competitor Anda? Bagaimana customer mereka saat ini? Jangan samakan market Anda
dengan mereka. Cobalah memilih market niche yang
mereka abaikan.
Analisa
Produk/Layanan Anda
Tulis
semua jenis produk dan layanan Anda. Setiap jenisnya, tuliskan keuntungan yang
bisa disediakan kepada customer (juga “keuntungan dari keuntungan”) sebagai
contoh : Seorang designer grafis menawarkan kualitas yang tinggi akan
desainnya. Manfaatnya adalah menciptakan suatu image perusahaan yang
professional, kemudian image tersebut akan menarik customer karena mereka
melihat perusahaan tersebut professional dan terpercaya. Jadi kesimpulannya,
keuntungan dari desain berkualitas tersebut adalah dapat mendapatkan customer
dan uang yang lebih banyak.
Meskipun
Anda telah menulis manfaatnya, buatlah kriteria target customer Anda yang
membutuhkan manfaat tersebut. Contoh seorang designer grafis menargetkan target
pada perusahaan yang membutuhkan media untuk memperluas target pasarnya.
Walaupun sangat umum, tetapi Anda tahu dasarnya dari mana untuk memulai. (alvannurulhidayat,
2008)
Bibliography
admin. (n.d.). PENGERTIAN ERGONOMIC DAN
PENERAPANNYA. Retrieved from blog jackolitan:
http://jackolitan.blogspot.co.id/p/pengertian-ergonomic-dan-penerapannya.html
alvannurulhidayat.
(2008, desember). SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING. Retrieved
from Marketing:
https://alvanlovi.wordpress.com/2013/12/28/segmentasi-targeting-dan-positioning/
ERGONOMI. (2009,
oktober Sabtu). PENGERTIAN ERGONOMI. Retrieved from ERGONOMI:
http://ergonomi-teknikindustri.blogspot.co.id/2009/10/pengertian-ergonomi-istilah-ergonomi.html
juliana. (2012).
Target Pasar. In juliana, Target pasar (p. 12). jakarta.
startup. (2012, maret
5). Bagaimana Mendefinisikan Target Market Untuk Bisnis Anda.
Retrieved from startupBisnis: http://startupbisnis.com/bagaimana-mendefinisikan-target-market-untuk-bisnis-anda/
Nama :Dony
prasetyo
Sekolah :
SMKislam 1 blitar
Comments
Post a Comment