Prinsip PembuatanBuku Panduan
Oleh karena buku ini adalah sebuah
panduan internasional, kami menyadari bahwa banyak kelompok akan menerjemahkan
bahan-bahan ini untuk menciptakan panduan bagi mereka sendiri. Jika Anda sedang
berfikir untuk memproduk sebuah panduan, maka ada beberapa tips. Pertama, Anda
butuh kejelasan mengenai tujuan-tujuan Anda dan seperangkat sumber daya yang
diharapkan dapat mendukung sebuah panduan (lihatlah pertanyaan-pertanyaan
berikut tentang tujuan-tujuan dan isi). Aspek terpenting lain adalah berfikir
tentang apa yang akan membuat panduan Anda mempunyai nilai spesial. (javier, 2010)
Secara umum pengertian buku adalah
sebagai karya tulis ilmiah baik hasil tinjauan maupun hasil penelitian yang disusun
sedemikian rupa menurut persyaratan tertentu yang ditetapkan dan
diterbitkan. Menurut Totok Djuroto buku dibedakan berdasarkan tujuannya,
yaitu buku teks, buku pegangan, dan buku pelajaran. (aguswuryanto, 2010) (scribd/32909620)
Sebelum mulai menulis buku teks
pelajaran, mari kita kenali terlebih dahulu 3 prinsip yang perlu diperhatikan
dalam pembuatan buku teks pelajaran, di antaranya: (1) prinsip relevansi; (2)
prinsip konsistensi; dan (3) prinsip kecukupan (Agus Wuryanto, 2010).
1. Prinsip relevansi, materi
yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus relevan dengan tujuan
instruksional umum (TIU) yang ingin dicapai.
2. Prinsip konsistensi, jumlah
pokok bahasan yang ditulis di dalam buku teks pelajaran harus sama dengan
jumlah tujuan instruksional khusus (TIK).
3. Prinsip kecukupan, materi
yang disajikan di dalam buku teks pelajaran harus cukup untuk mencapai tujuan
instruksional. Tidak lebih sedikit, atau lebih banyak. Jika lebih sedikit,
dikhawatirkan tujuan instruksional tidak tercapai. Jika lebih banyak, akan
tidak efisien karena dirasa membuang-buang waktu dan tenaga. (sevannisa, 2014)
Panduan
Umum Menulis Buku Panduan
1.
Sediakan
bentuk fisik buku panduan bersama dengan produk: jangan membuat orang membaca
PDF.
2.
Pastikan
semua instruksi melingkupi produk dalam setiap bagian.
3.
Sertakan
sebuah halaman panduan awal yang ringkas.
4.
Hadirkan
instruksi bersama dengan prosedur langkah demi langkah.
5.
Informasikan
apa saja fungsi yang ada, dan fungsi dari masing-masing, bukan hanya cara
menggunakannya.
6.
Pastikan
bahwa penulis menjadi bagian dari tim desain produk.
7.
Tulislah
petunjuk penggunaan secara selaras dengan aliran waktu pengembangan produk tidak dalam tekanan dari tenggat waktu
pengiriman.
8.
Pastikan
penulis memiliki produk, memahami produk, dan benar-benar menggunakan produk
yang mereka tulis.
9.
Pertimbangkan
kebutuhan dari pengguna difabel (contoh: penglihatan yang lemah, buta warna)
dan sediakan alternatif petunjuk penggunaan dalam huruf Braille, cetak besar,
audio, dll..
DaftarPustaka
aguswuryanto. (2010, 09 02). aguswuryanto.
Retrieved from aguswuryanto:
https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pembuatan-buku-teks-pelajaran/
Hodgson, D. P. (2015, Juni 24). pelitaku.
Retrieved from pelitaku: http://pelitaku.sabda.org/panduan_umum_menulis_buku_panduan
javier. (2010, Sep 10). wri.
Retrieved from wri: https://www.wri-irg.org/en/node/10944
scribd/32909620. (n.d.). scribd.
Retrieved from scribd: https://www.scribd.com/doc/32909620/Panduan-Penulisan-Buku-Dan-Modul
sevannisa. (2014, 09). sevannisa.
Retrieved from sevannisa:
http://sevannisa.blogspot.co.id/2014/09/tata-cara-penulisan-buku-teks-pelajaran.html
NAMA : DONY PRASETYO
SEKOLAH : SMKISLAM1BLITAR
MOTO : PANTANG MENYERAH
KALAU MAU DOWNLOAD FILENYA BISA DI SINI
Comments
Post a Comment