A.
Hypertext
Transfer Protokol (HTTP)
Hypertext
Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi
terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak
pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut
dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun
1990 oleh fisikawan Inggris,.(Wikipedia)
B.
Netware
Inti Protokol (NCP)
NetWare
Inti Protocol (NCP) adalah protokol jaringan yang digunakan di beberapa produk
dari Novell, Inc. Hal ini biasanya berhubungan dengan client-server sistem
operasi Novell NetWare yang awalnya didukung terutama stasiun client MS-DOS,
tetapi dukungan kemudian untuk platform lain seperti Microsoft Windows, Mac OS
klasik, Linux, Windows NT, Mac OS X, dan berbagai rasa Unix ditambahkan. (Wikipedia, NetWare Core Protocol, 2016)
C.
STUDI
KASUS : JARINGAN LAMBAT
a)
Conlussion
Istilah collision domain mendefinisikan
sekumpulan perangkat jaringan dimana data frame mereka bisa saling bertabrakan.
Semua piranti yang disebut diatas menggunakan hub yang berresiko collisions
antar frame yang dikirim, sehingga semua piranti dari jenis jaringan Ethernet
ini berada pada collision domain yang sama.
D.
STUDI
KASUS II : JARINGAN LAMBAT
a)
Bottlenecks
Beban user yang
sangat tinggi untuk mengakses jaringan akan menyebabkan bottleneck jaringan
yang mengarah pada kelambatan jaringan. Aplikasi yang memakan bandwidth yang
sangat tinggi seperti aplikasi video dapat menyumbangkan suatu kelambatan
jaringan yang sangat significant karena seringnya mengakibatkan system jaringan
menjadi bottleneck. (adventure, 2011)
Anda perlu
mengidentifikasikan aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang
hanya diakses oleh satu departemen saja, dan letakkan server pada Switch yang
sama dengan user yang mengaksesnya. Meletakkan resource jaringan yang sering
diakses pada tempat yang dekat dengan pemakainya akan memperbaiki kinerja dan
performa jaringan dan juga response time.
E.
STUDI
KASUS : LOGIN RESPONSE TIME TERDEGRADASI
Menurut Cooling pada buku Software
Design for Real Time Systems (1991): Sistem Waktu Nyata adalah sistem yang
harus memprodukis respon yang tepat dalam suatu batasan waktu yang tentu.
Komputer yang responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performansi
yang terdegradasi atau malfunction. Sebuah sistem waktu nyata membaca input
dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang
ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukan oleh sistem computer.
(admin, 2012)
Beberapa
factor yang mempengaruhi Response Time yakni :
1.
Jumlah pengguna
Semakin banyak
jumlah pengguna maka akan semakin lambat. Meskipun
demikian,di dalam waktu
waktu puncak (peak load periods) jumlah pengguna bisa
melebihi rata-rata hasil estimasi tersebut sehingga dapat menurunkan performance.
Bagaimana dan seberapa besar suatu jaringan memberikan response dapat dikatakan
sebagai ukuran dari performance jaringan.
2.
Kecepatan transmisi
Kecepatan transfer data
dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang
melewati suatu medium dalam satu detik. Umumnya dituliskan dalam bit per detik
(bit per second) dan disimbolkan bit/s atau bps bukan bits/s. Seringkali
disalahartikan dengan bytes per second atau B/s atau Bps.
3.
Jenis media transmisi
F.
STUDI
KASUS : KONEKSI SERVER TURUN
1. Terjadi
Kerusakan Server atau Program Piranti Lunak Server
Walaupun kemungkinan kecil terjadi,
kerusakan pada fisik server adalah sesuatu hal yang bisa terjadi kapan saja.
Power supply terbakar, hard disk bad sector, ram mati, kaber dimakan
tikus, server kebanjiran, dan masih banyak lagi lainnya contoh-contoh penyebab
terjadinya kerusakan piranti keras pada sebuat server website atau blog
internet. Selain kerusakan piranti keras, piranti lunak pun bisa juga
terkena masalah seperti database error, file cms dirusak hacker, webserver
crash, virus, dan lain sebagainya. (rendi, 1970)
2. Ada
Koneksi yang Terputus Antara Pengunjung dengan Server
Agar kita bisa tersambung ke internet
kita harus memiliki suatu media koneksi antara diri kita dengan jaringan
internet. Jaringan internet itu sendiri pun juga merupakan suatu kumpulan
dari banyak piranti keras yang saling terhubung satu sama lain. Jika ada
yang terputus maka kemungkinan kita tidak akan bisa mengakses sebagian situs
web di internet atau bahkan semua situs web di internet secara keseluruhan.
G.
SERVICE
MESSAGE BLOCK
Server
Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi
informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai
layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol
ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2.
Sistem operasi berbasis UNIXjuga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat
lunak yang disebut dengan SAMBA. (wikipedia, 2013)
Daftar Pustaka
admin. (2012). PENGERTIAN RESPONSE TIME .
Retrieved October 25, 2016, from RESPONSE TIME (WAKTU TANGGA:
http://nurrhasanah32.blogspot.co.id/
adventure.
(2011, Januari 01). permasalahan pada jaringan wan dan solusinya. Retrieved
October 25, 2016, from Adventure:
http://adventuresalji.blogspot.co.id/2011/01/permasalahan-pada-jaringan-wan-dan.html
rendi. (1970,
January 01). AKTOR PENYEBAB SEBUAH WEBSITE/SITUS WEB/BLOG DOWN TIDAK DAPAT
DIAKSES. Retrieved from ILMU PENGETAHUAN:
http://www.organisasi.org/1970/01/faktor-penyebab-sebuah-website-situs-web-blog-down-tidak-dapat-diakses.html
wikipedia.
(2013, April 27). Server Message Block. Retrieved October 25, 2016,
from wikipedia bahasa indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block
Wikipedia.
(2016, October 12). NetWare Core Protocol. Retrieved from Wikipedia
Bahasa Inggris: https://en.wikipedia.org/wiki/NetWare_Core_Protocol
Wikipedia.
(n.d.). Protokol Transfer Hiperteks. Retrieved Oktober 25, 2016, from
Wikipedia Bahasa Indonesia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks
Comments
Post a Comment