KEBUTUHAN PELANGGAN
Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami
kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara
menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu
merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang
tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat mengutarakan kebutuhankebutuhan
ini. Atau mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan penafsiran. Apa artinya
jika pelanggan meminta mobil yang "tidak mahal", mesin pemotong
rumput yang "kuat", mesin bubut yang "cepat", baju renang
yang "menarik", atau hotel yang "tenang"? Kita dapat
membedakan lima jenis kebutuhan :
•
Kebutuhan yang diutarakan (pelanggan menginginkan sebuah mobil yang tidak
mahal)
•
Kebutuhan nyata (pelanggan menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang
rendah, bukannya harga beli yang murah)
•
Kebutuhan yang tidak diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik
dari penyalur)
•
Kebutuhan kegembiraan/delight (pelanggan membeli mobil dan mendapatkan hadiah
peta jalan dalam suatu negara)
•
Kebutuhan rahasia (pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen
cerdas berorientasi nilai)
Secara umum, perusahaan dapat menangani permintaan
pelanggan dengan memberikan apa yang mereka inginkan, atau apa yang mereka
butuhkan, atau apa yang benar-benar mereka butuhkan. Kunci pemasaran
profesional adalah memahami kebutuhan riil pelanggan dan memenuhinya dengan
lebih baik daripada yang dilakukan para pesaing.
Beberapa pemasar membedakan antara pemasaran yang
cepat tanggap dengan pemasaran yang kreatif. Pemasar yang cepat tanggap
menemukan suatu kebutuhan yang diutarakan dan mengisinya. Pemasar yang kreatif
menemukan dan menghasilkan solusi yang tidak diminta pelanggan namun disambut
hangat.
Mengapa sangat penting untuk memuaskan pelanggan
sasaran? Karena penjualan perusahan setiap periode berasal dari dua kelompok
yaitu pelanggan baru dan pelanggan setia. Forum Company memperkirakan bahwa
pelanggan baru yang tertarik dapat menimbulkan biaya lima kali lipat dari biaya
menyenangkan pelanggan yang ada. Dan biaya kehilanggan pelanggan mungkin enam
belas kali lipat biaya menarik pelanggan baru ke tingkat laba yang sama.
Karena
itu, mempertahankan pelanggan lebih penting daripada menarik pelanggan. Kunci
untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang sangat
puas mampu menjadikan konsumen lebih setia, membeli lebih banyak jika
perusahaan memperkenalkan produk baru dan menyempurnakan produk yang ada, memberikan
komentar yang menguntungkan tentang perusahaan dan produknya, kurang memberikan
perhatian pada merek dan iklan pesaing serta kurang sensitif terhadap harga,
Memberikan gagasan produk/jasa pada perusahaan, dan membutuhkan biaya pelayanan
yang lebih kecil daripada pelanggan baru karena transaksi menjadi rutin.
JANGAN MENYERAH KEKURANGAN
PASTI DI BALIK KEKURANGAN PASTI AKAN BISA JADI KELEBIHAN KITA :)
SUMBER : http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Comments
Post a Comment